Tips Format dan Install Ulang Hardisk

Masalah yang bersifat fatal dan parah bisa saja terjadi kapan dan di mana saja tidak memandang merk dan harga komputer pc / laptop anda. Terkadang komputer tidak bisa masuk ke windows akibat banyak hal seperti terkena virus, file booting hilang, bad sector, komputer lambat, komputer sering hang, salah seting dan berbagai masalah lainnya.

Jika berbagai cara sudah anda lakukan dan belum mendapatkan hasil yang memuaskan maka jalan pintas / singkat yang paling baik adalah dengan cara format ulang harddisk / hard drive yang ada di koputer pc / laptop anda. Pada tips ini akan diberikan beberapa langkah mudah yang dapat anda lakukan sendiri tetapi tidak secara mendetail. Bila anda butuh bimbingan anda bisa menanyakan di forum situs organisasi.org ini. Mudah-mudahan saya atau kawan lain dapat membantu anda.

A. Langkah dan Tahap Format Ulang Hard Disk

1. Back up / bekap file penting anda yang ada pada hardisk karena dengan format akan menghapus semua file yang ada di hard disk anda. Jika anda punya cd-rw drive atau dvd-rw drive anda bisa membakar file anda ke dalam cd atau dvd. Cara lain backup adalah dengan flash disk, disket floppy, disket zip, pindah file ke jaringan network lan atau internet pada komputer atau server lain dan lain-lain.

2. Setelah backup selanjutnya adalah membuat windows boot disk / rescue disk pada disket floppy 1.4 MB. Disket ini bertujuan untuk booting langsung ke disket tidak melalui harddisk anda. Istilahnya anda akan menggunakan os microsoft dos yang ada pada disket yang anda buat.

3. Ganti Setting Bios

Saat komputer dinyalakan anda harus langsung masuk ke tampilan bios untuk setting pilihan urutan boot. Caranya ketika komputer baru dinyalakan anda menekan dan menahan tombol delete sampai bios muncul di layar monitor komputer anda. Ganti urutan booting dengan urutan pertama floppy disk.

4. Format Hard Disk

Setelah bios diganti serta disave anda masukkan disket kemudian restart komputer anda. Nanti komputer anda akan otomatis boot dari disket tersebut dan pilih boot without cd-rom supaya proses booting bisa lebih cepat. Setelah masuk ke command prompt a:\ ketik format c: lalu tekan enter. Disesuaikan dengan jumlah partisi anda yang ada. Jika anda punya partisi 3 buah maka tambah perintah format d: dan format e:. Tips dan cara mempartisi hard disk mungkin bisa anda cari di kotak search di sebelah kiri halaman artikel ini. Jika format telah selsesai beri nama drive tersebut sesuai selera anda. Jika semua beres dan berjalan lancar maka proses format ulang telah selesai. Kini harddisk anda menjadi seperti baru kembali.

B. Langkah dan Tahap Install Ulang OS Windows dan Linux

1. Install Windows 98 / 2000 / ME / XP / Vista / Linux

Langkah pertama dalam mengistall ulang operating system pada komputer pc atau laptop anda adalah booting ulang ke disket anda dan pilih support cd-rom device. Setelah keluar command prompt lalu anda masukkan cd instalasi os anda sesuai selera anda. Kemudian cari drive cd-rom atau dvd-rom anda dengan mengetik d: atau e: dan lain sebagainya sesuai lokasi drive cd atau dvd rom anda. Setelah ketemu anda kemudian cari file setup.exe dengan perintah cdnama folfer untuk masuk ke dalam folder. Perintah cd.. untuk mundur satu folder level. perintah dir atau dir/w atau dir/p untuk melihat list file yang ada pada folder tersebut. Kalau sudah ketemu maka jalankan setup.exe atau install.exe dengan mengetik nama file tersebut lalu tekan tombol enter satu kali saja. Langkah berikutnya anda tinggal mengikuti perintah yang ada pada installasi cd atau dvd os.

2. Setting Settingan Boot pada Bios

Setelah install ulang windows atau linux selesai, maka keluarkan disket flopyy 1,4 anda dan masuk kembali ke menu bios setelah restart ulang. Pilih IDE-0 sebagai first boot. Floppy bisa anda seting menjadi boot kedua dan cd-rom menjadi boot ketiga. Anda bebas menentukannya sesuai dengan keinginan anda. Sehabis itu direstart ulang kembali.

3. Install Driver dan Software

Jika sudah berhasil masuk ke tampilan windows atau linux awal, selanjutnya anda nginstall driver untuk sound card, printer, scanner, kabel data, dan sebagainya sesuai hardware yang ada. Anda harus mencari dan memiliki sendiri driver tersebut. Setiap jenis komputer memiliki driver yang berbeda. Biasanya anda akan diberi cd driver saat anda membeli komputer atau hardware lainnya. Tanpa driver maka peralatan yang terhubung pada komputer laptop atau pc tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.

38 responses to “Tips Format dan Install Ulang Hardisk

  1. Mohon bantuan nih mas.. saya abis nginstall windows,proses instalasinya sih berhasil sampe akhirnya reboot ulang untuk ngelanjutin instalasi GUI..tapi yang jadi masalah, setelah reboot jadi gak bisa loading ke windows,cuma sampe nampilin progress barnya aja trus sampe berjam2 gak masuk2,udah berkali2 diintall ulang lagi, masalahnya juga sama, pake savemode jg gak bisa..
    Tolong bantuannya mesti di gimanain yachh??
    makasih sebelumnya

  2. Kalo pengalaman itu karena RAM anda tidak support karena waktu itu saya ganti trus bisa normal lagi… kalo gak bisa juga ganti Master Installernya deh.. coba dulu ya..

  3. mohon bantuannya.
    kalo instal ulang PC langsung setup windows gmn??
    setau saya kl instal ulang pada laptop tinggal masukin cd xp lalu membagi partisinya, tanpa mengecek bootnya secara mendetail.
    Apakah instal ulang PC sama seperti laptop?
    Saya rencana ingin belajar sendiri instal ulang pada PC saya.
    Modemnya Prolink 1456PVC (56K internal modem).
    Bagaimana tata urutan cara instal ulangnya, agar saya paham. Terima kasih sebelumnya.

  4. Pak..sy izin CP artikel Bapak. Terima kasih.

  5. Mas Arif, untuk install ulang langsung setup dari CD Installer memang bisa dan tinggal partisi, asal sudah yakin untuk data-data diamankan terlebih dahulu dan yang jelas untuk format hanya partisi primary saja… pada dasarnya install PC dan LAPTOP sama saja dan tata urutan sama juga
    Mas Asyif, asal bermanfaat silahkan

  6. mas saya mau tanya saya belajar instal ulang tapi gagal,setelah ada pilihan repair,continue,dan exit penginstallan saya gagal dialognya itu not foun any harddisk in your PC.oh ya makasih mas Assalamu’alaikum

  7. Tolong minta bantuan tahapan instal ulang dengan linux dan mohon penjelasan tentang Pedora. IGOS. terima kasih atas bantuannya!

  8. mw tanya bos,
    gmn cara nginstall vista tanpa cd recovery ya boss??
    katanya bisa pake alt + F10..
    bener ga??
    laptop saya acer..
    thx b4..

    @bisa coba lihat di http://mustfree.wordpress.com/2008/06/11/install-windows-tanpa-cd-rom-cara-kedua/

  9. mas cd tidak bisa di baca sistem dos gimana ??

  10. izin copy ya mas..
    terima kasih ^^

    @ ok

  11. mas.. mw tnya!!

    ko PC saya kn di install XP, truz ko pas Format hardisk.. persentase’a ga maju-maju…

    ntu knapa y, ap hardisk’a rusak or CD’a yg rusak??

    mhoN pncerahannya..!!

    @ ada kemungkinan HDnya atau masternya error, maaf kalo salah

  12. terimakasih banyak infonya…

    @same-same…

  13. lam kenal? ne,,putra dr kal-bar mau curhat ne,, bozz aku awam banget ne boz ma komputer tapi aku punya hoby aneh suka kotak-katik program ahirnya sering terjadi malpraktek n sering instal ulang tp ujung2nya bengkak juga kluar duit kseringan jd aq minta bantuannya spya bisa instal ulang sendiri n aq harap bos kasi aku artikel lengkap wat instal windows xp, sp1, pentium 3 pleace help me,,,

    @ kalo artikel install dah banyak bro di internet apalagi di http://www.ilmukomputer.com wah luengkap banget

  14. saya maw tanya mas.. saya abis instal ulang dari vista ke windows 7.. selesai instal ulang kan otomatis ngerstart sendri yahh.. nah pas nge restart dia langsung hang.. cuma tampil sampe di tampilan P5GCMX lalu saya maw masuk k bios saja tidak bisa.. knp yah itu ??

    mohon bantuannya…

  15. wah asik nich bs tau banyak, makasih bos

    @ok ok

  16. para hadirin semuanya, driver saya sudah gak tau kemana perginya, laptop merk acer pentium 3, dimana carinya saudara2! tolong simbah ya!…

    @Gogling aja mbah he

  17. Mas mau nanya!!!
    ….waktu aku mau nginstal ulang Drive C kok ada tulisannya protect apa ya mas??
    Tolong dund aku kasih tau solusinya!!!
    …jadi gak bisa aku instal ulang ada tulisannya kayak gitu!!!

  18. Adid Adep Dwiatmoko

    Punten mas, mau tanya.

    Saya ada laptop kuno, mau install Win98, setelah mengikuti cara install yang disebutkan di atas juga;

    setelah setup.exe dan enter, langsung masuk install saat progress sudah 100%, tiba2 nggak mau jalan lagi, dan ada notifikasi bahwa kemungkinan ada antivirus yang d jalankan, padahal kan hardis sudah saya format.
    (saya nginstal Win98 dari hardisk)
    Bagaimana solusinya Pak?

    Terima kasih banyak.

    @Kemungkinan kabel data HD atau kondisi HD tersebut

  19. Tlng ksh tau cr nginstal ulng pc tanpa ada folder atau file yg terhapus

    @kalo hanya install windows di drive c:/ otomatis folder atau file di drive lain aman

  20. Hai mas..ni q mau tanya..sebelumnya q mau minta idzin dulu ya..waktu bongkar2 komputer dilaboratorium aku menemukan komponen2 komputer q rakit bagian yang q kira masih bisa ternyata eh berhasil, tpi kemare aku coba lagi kok lodingx lambat banget ya padahal ram juga dah standar kira2 apa?

    @Cek aja programnya dulu

  21. kalo hardisk data dan ukurand hardisk di total nggak sama, itu kenapa??? apa ada file yang masih ke hiden??? padahal hidenannya udah di buka…
    mohond balasannya. thannks

    :Nnae

  22. gmn cara menghilangkan deep freeze???

  23. Hai Bos bos
    aku mo tanya
    pada saat instal ulang pc setelah ikuti langkah2nya pas format partisi macet di 90% trus ada pesan
    stop:0×000…. Kalau ngak salah
    yang kena apanya ya
    mohon pencerahanya

  24. mas saya instal win xp 2, tapi pada menit ke 34 operasi win tidak berjalan(hardish uda saya cek,ram dan vga)kira -kira apanya yang rusak?

  25. mau nanya nih…
    cara instal ulang pc,tp pake hardisk dengan kapasitas lebih gede dari hardisk sebelumnya(master).
    gmana ya?
    mohon bantuan nya ya mas….

  26. mas, saya baru aja mem-format hardisk saya…
    pada saat proses format msh mencapai 60%, tiba-tiba listrik mati…
    setelah listrik nyala, saya cek hardisk unformat. saya format lg ga bisa…

    apa ada solusi untuk memperbaiki…?

  27. mas jika ada solusi tolong kirim ke emai saya ya… : clasic_kalong@yahoo.com
    makasih sblumnya…

  28. awal os windows 7 kemudian saya ganti dgn vista dengan master yg telah saya copy ke hardisk stelah berhasil tampil kendala tidak bisa di crack sehingga hitungan 30 day mundur masih ada saya sudah gunakan berbagai jenis crack masih tak berhasil bahkan masa 30 harinya malah menurun. mohon tip dan trik dlm masalah ini
    thank’s

  29. mas mo tanya ?
    saya abis instal ualng windows xp sp2 berhasil tapi untuk pasang game semisal point blank nggak bisa juga ayodance nyasaat instal juga ndak mau kenapa ya mas riyan ?. padahal sebelum nya semua baik2 aja alias bisa ?
    dan kemarin juga ada temen minta bantuan kalo ingin instal ulang masuk bios dan setting bootnya diganti ke cd dvd roomnya bisa booting lewat cd nggak bisa selalu kembali ke hddnyamas, kenapa kira2 mas ?
    dan saat instal windowsnya loncat2 ata tidak teratur maksudnya harusnya lewat no seri windows tapi tidak demikian langsung instal dansetus instal sudah kelar sepertinya ada yang korup di windows tapi saya ndak yakin mas
    tolong bantuannya. kalo bisa tolong dibalas lewat email saja mas
    ini email saya
    atas bantuannya trima kasih
    informasi aja
    hardisk seagate
    spek : 250gb
    matherbod asus
    tolong dibalas secepatnya

  30. siph
    tp akan lbih baek lagi lw dbri contoh gambar point-point.a gtu, agar user awam lbih dapat memahami.a
    (mnurut sya)
    *trima kasih

  31. askum….mas saya mau tanya cara memformat pentium 4 gmn ya…tolong pencerahan nya yg detail….!!!! makasih

  32. bagaimana jika kita tak punya dreiver dari board tersebut ; apa ada software board yang bisa suport untuk semua……

  33. bang,gmn cara mengatasi laptop Dell inspiron N4030 blank ada bunyi beep 3x… tolong infonya… thanks.

  34. klo mau mengganti drive path system restore dimana yah

  35. HARDISK nya kok jadi merosot jadi ke 300 GB asalnya kan 500 GB padahal itu data datanya udah diformat semua
    gara gara diinstal ulang

    @pernah menggunakan low level? kemungkinan ada space yang dihilangkan sebelumnya

Tinggalkan Balasan

