Alternatif Pengamanan Wireless

Untuk alternatif terdapat beberapa cara tambahan atau saran untuk pengaman jaringan Wireless

Enable Mac Address filtering : Setiap network card dan Wireless network memiliki nama tersendiri yang disebut Mac Address. Kode Mac Address pada setiap card berbeda dengan yang lain. Pada perangkat Router atau Access Point dapat melakukan filter atau penyaringan dari Mac Address ataupun port dan IP address. Jadi kenali setiap koneksi yang masuk dan terdaftar pada perangkat Access point berdasarkan nomor Mac Address. Bila terdapat hal yang mencurigakan sebaiknya melakukan block pada koneksi yang tidak dikenal

Mematikan hardware bila tidak diperlukan : Karena Router wireless atau Access Point selalu melakukan broadcast dimana keberadaannya akan terditeksi oleh client. Sebaiknya tidak menjalankan perangkat Access Point. Cara ini memang terlalu sederhana dalam pengaman, tetapi efektif untuk menjegal pengunjung yang tidak dikenal dan mencari cari dimana tranmisi wirelress berada.

Tidak ada kata aman untuk wireless network : Walaupun beberapa sistem pengaman sudah tersedia, tetapi tidak menjanjikan network anda aman untuk disusupi oleh tamu tidak diundang. Ada baiknya selalu merubah code key anda secara berkala. Cara ini dapat menahan dan menghambat siapa saja yang mencoba melakukan hacking pada network wireless anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s