Kemenangan Orang-Orang Mukmin

Sebagai gambaran umat Islam yang meyakini bahwa hanya ada satu Tuhan yaitu Allah SWT dan menjadikan Rasulullah SAW sebagai nabi dan panutan sebaiknyalah kita mencoba untuk berlaomba-lomba dalam menjadikan diri kita sebagai kaum yang selalu mendapatkan kemenangan dan menjauhi serta menghindari suatu kekalahan.

Di waktu senggang pergantian jam mengajar, secara reflek tangan ini membuka sebuah Al Quran kecil yang kebetulan ada di meja dengan niat hanya ingin melihat-lihat tertarik juga untuk membacanya, ayat demi ayat terbaca hingga akhirnya sampai pada QS. Al Mukminuun ayat 1-11 yang mengisahkan tentang tujuh sifat yang menjadikan orang-orang mukmin beruntung dan memperoleh kemenangan. Kekalahan serta kekecewaan memang sempat hinggap di hati seorang hamba Allah SWT karena ada satu keinginan yang tidak atau mungkin belum tercapai dengan sempurna.

Perasaan kecewa dan sedih mungkin sering kita semua mengalaminya sehingga kita akan merasakan marah kepada Allah SWT dan berbuat seenaknya sendiri dalam menjalani hidup seakan-akan kita mampu hidup tanpa Allah SWT. Saya teingat sebuah sinetron Religi waktu Ramadhan kemarin di SCTV yaitu Para Pencari Tuhan yang menggambarkan kekecewaan seorang pemuda yang kehilangan adiknya kemudian dia menyalahkan dan marah kepada Allah SWT, berbuat seenaknya dan melakukan semua yang dilarang oleh-Nya karena pemuda tersebut berharap Allah SWT akan marah, pemuda itu menunjukkan kepada semua orang kemarahannya dan kekecewaannya kepada Allah SWT tetapi dengan perilakunya tersebut yang benar-benar telah jauh dari Allah SWT digambarkan juga bahwa pemuda tersebutlah yang menunjukkan kesalahan arah kiblat sebuah musholla yang melenceng lumayan jauh.

Kita bisa ambil beberapa kesimpulan dari kejadian di atas dan tergantung dari pribadi kita menyimpulkannya…..

Saya hanya ingin membagi bahwa kita seharusnya memiliki beberapa sifat agar kita sebagai umat islam dapat selalu memperoleh kemenangan di kehidupan ini dan kita jangan sampai kalah dengan perasaan kecewa atau marah yag hanya akan membuat kita semua merugi dan akan semakin sengsara. Sudah gagal memperoleh sesuatu kita limpahkan  dan lampiaskan dengan merusak diri kita sendiri karena hanya kerusakan yang kita perbuat dan kita dapatkan akhirnya.

Hendaknyalah kita memiliki atau minimal berusaha mempunyai sifat-sifat agar seorang mukmin memperoleh kemenangan yang telah ditulis dalam QS Al Mukminuun aya 1-11, yaitu :

1. Menjadikan diri kita selalu khusyuk dalam shalat.

2. Menjadikan diri kita menjauhi pebuatan dan perkataan yang tidak berguna.

3. Menjadikan diri kita selalu menunaikan zakat.

4. Menjadikan diri kita selalu menjaga kemaluannya.

5. Menjadikan diri kita selalu menjaga dan memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya).

6. Menjadikan diri kita selalu menjaga dan memelihara janjinya.

7. Menjadikan diri kita selalu menjaga shalatnya.

Saya disini hanya ingin berbagi karena pengetahuan saya masih dangkal dan minim, semoga dengan tulisan ini saya akan dapat menjalankan dan mempunyai sifat-sifat diatas dan hendaknyalah kita dapat berbuat yang terbaik untuk diri, orang lain serta kehidupan kita. Amin…

Tulisan ini hanya sebagai pengingat bagi penulis saja…

One response to “Kemenangan Orang-Orang Mukmin

  1. Setuju….!!!! Berbuat Baik adalah bukan hanya kata bijak yang pendek tetapi Pengorbanan dan perbuatan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s